BIDANG SARPEN

HARTA MILIK

Jemaat Tuhan harus dapat melakukan tugas dan panggilannya di dunia, apa yang menjadi penunjang pelayanan jemaat? Banyak! Ya, banyak faktor, dan salah satunya adalah faktor finansial. Gereja perlu uang untuk melakukan pelayanan. Namun persoalannya adalah bagaimana mengatur keuangan dalam gereja agar gereja mampu menjalankan fungsinya secara benar dan bertanggung jawab.

Gereja perlu sadar bahwa pemasukkan gereja tidak lain dan tidak bukan berasal dari persembahan (baca: sumbangan, pemberian) jemaat, atau melalui usaha lain yang dijalankan oleh gereja tersebut, (Misalnya Koperasi Simpan Pinjam, kantin dan lain sebagainya) Persembahan yang tidak sedikit ini membutuhkan pengelolaan yang tepat. Bidang Sarpen bersama Bendahara menjadi PENANGGUNG JAWAB dalam mengelola persembahan ini.

Dari persembahan umat, gereja mampu memiliki berbagai harta milik. HARTA MILIK, sesuai dengan TATA GEREJA tahun 2009 bab XLVI, dikategorikan dalam 4 hal berikut:

  1. uang dang surat berharga
  2. barang bergerak, misalnya kendaraan, alat musik, mesin, inventaris kantor dan peralatan lainnya.
  3. Barang tak bergerak, misalnya tanah, gedung gereja, pastori, bangunan-bangunan lain.

Kekayaan intelektual misalnya hak cipta, hak paten, hak merek (co/ penerbit KOSONG

PERSONALIA

Gereja tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal tanpa sumber daya manusia yang secara full time bekerja sama untuk melakukan perawatan, pembelian, pengelolaan harta milik, dan membantu badan pelayanan di lapangan dalam rangka menjalankan pelayanan yang baik.

Sumber daya ini yang kemudian disebut baik itu PENDETA, TENAGA PELAYAN GEREJAWI, KOSTER, KARYAWAN, TATA USAHA, SUPIR, ataupun tenaga OUTSOURCE.

Para karyawan ini dapat dikatakan sebagai salah satu faktor terbesar dapat berjalannya kegiatan di gereja. Karena tanpa mereka semua kegiatan pelayanan di gereja tidak mungkin berjalan dengan maksimal, oleh karena itu kerja sama diantara mereka perlu dijaga dan ditumbuh kembangkan, begitu pula kerja sama mereka dengan pengurus badan pelayanan yang adalah pelaksana lapangan setiap program gereja.

 

 

 

arrow