KETIKA YESUS JUGA DIBAPTISKAN

KETIKA YESUS JUGA DIBAPTISKAN
YESAYA 43: 1-7; MAZMUR 29; KISAH PARA RASUL 8:14-17; LUKAS 3:15-17, 21-22

Dalam Injil Lukas 3, kita membaca bahwa orang-orang yang dibaptiskan oleh Yohanes adalah mereka yang bertobat dari dosa-dosanya dan memberi diri dibaptis. Namun dalam kumpulan banyak orang yang sedang ‘ngantri’ untuk dibaptis itu ada sosok yang begitu kita kenal, Yesus.
Sedang apa Dia ada di sana? Oh mungkin hendak membantu Yohanes untuk membaptis orang-orang yang mau bertobat. Yohanes pasti membutuhkan bantuan karena banyak orang yang berbondong-bondong datang kepadanya meminta untuk dibaptis, jadi wajar jika Yesus ikut membantunya.
Eh tapi tunggu dulu. ternyata Yesus tidak ikut membaptiskan, justru Yesus yang dibaptis oleh Yohanes. Apakah Yesus merasa diri-Nya berdosa sehingga perlu dibaptis juga? Bukankah Yesus adalah Anak Domba Allah yang tidak bercacat atau berdosa?
Ternyata Yesus dibaptis bukan dalam rangka bertobat tapi dalam rangka pengukuhan bahwa, "Dialah Anak Allah yang Allah kasihi, kepada-Nyalah Allah berkenan" (Lukas 3:22). Hal yang sangat unik dilakukan oleh Allah. Dia mengukuhkan Yesus bukan di tempat yang megah dan di depan orang-orang berkuasa. Dia justru mengatakan hal itu di depan orang-orang berdosa. Hal ini menjadi pertanda bahwa Allah hadir memang untuk mereka yang berdosa, seperti dokter yang hadir untuk orang sakit bukan orang sehat.
Ketika Yesus juga dibaptiskan, Allah ingin mengatakan bahwa Allah hadir untuk orang-orang berdosa. Itu artinya Allah juga ingin kita hadir untuk orang-orang berdosa, bukan malah menjauhi dan menghakimi mereka. Rangkullah mereka dan biarlah Tuhan merasakan kasih Tuhan melalui kita.

Nuryanto Gracia