KEPALA PASUKAN

Kepala Pasukan
(Lukas 23:44-59)

BARABAS

Barabas
Lukas 23:13-25

Kita lebih memilih pahlawan yang gagah perkasa memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita dari penjajahan atau orang yang ke mana-mana hanya mengajar tentang kasih tanpa melakukan perlawanan terhadap penjajah? Kita mungkin akan lebih memilih pahlawan yang gagah perkasa. Dalam keadaan terjajah, wajar jika kita membutuhkan seorang pahlawan yang mampu membebaskan kita dari penjajahan.

SIMON DARI KIRENE

Simon dari Kirene
Lukas 23:26

Saya adalah seorang berandal, suka main judi dan mabuk-mabukkan. Suatu kali, saya membuat keonaran di Jakarta. Saya berniat kabur ke kampung halaman menggunakan pesawat. Namun sebelum pesawat lepas landas ternyata roda pesawat patah. Kami semua di pesawat panik. Lalu saya berkata dalam hati "Tuhan, selamatkanlah kami. Jika saya selamat, saya berjanji akan bertobat dan menjadi pendeta."

Pontius Pilatus

Pontius Pilatus
Yohanes 18:38b-19:16a

Petrus

Petrus
Yohanes 21:15-19

Sebelum membaca Yohanes 21:15-19, ada baiknya kita membaca terlebih dahulu Yohanes 18:12-27. Yohanes 18:12-27 adalah kisah penyangkalan Petrus. Mungkin di sekolah minggu kita sering mendengar kisah penyangkalan Petrus tiga kali lalu ayam berkokok, tapi mungkin jarang di antara kita memerhatikan dengan seksama kisah penyangkalan Petrus dalam Yohanes yang memiliki perbedaan dari ketiga kitab Injil yang lainnya. Apa perbedaannya?

YUDAS

YUDAS
MATIUS 27:1-10

Siapakah orang yang paling tidak bisa diampuni oleh umat Kristen? Semua orang bisa diampuni kesalahannya, tapi kecuali orang ini. Siapa dia? Namanya adalah Yudas Iskariot.

Semua umat Kristen membencinya bahkan mengutuknya. Dalam kebanyakan ajaran kekristenan, setiap kali berbicara tentang Yudas, dia pasti jadi objek kebencian umat Kristen. Ke manakah sifat pengampun umat Kristen? Bagaimana dengan ajaran Yesus yang mengatakan “Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu?” (Matius 5:44). Apakah ajaran ini tidak berlaku untuk Yudas?

Maria Magdalena: Kesetiaan Sang Pelacur

Maria Magdalena: Kesetiaan Sang Pelacur
Lukas 7:36-50; Yohanes 12:1-8

Ketika kita mendengar nama "Maria Magdalena" apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita? "Pelacur." Yah mungkin banyak dari antara kita yang menganggap bahwa Maria Magdalena adalah pelacur, tapi pelacur yang bertobat, seperti tema kita hari ini.

Hidup Mulia dalam Kemuliaan Tuhan

Hidup Mulia dalam Kemuliaan Tuhan
Keluaran 24:12-18; Mazmur 2; 2 Petrus 1:16-21; Matius 17:1-9

Menuju 30 Tahun: Menjadi Gereja yang Dewasa dan Mandiri

Menuju 30 tahun: Menjadi Gereja yang Dewasa dan Mandiri

Tepat 27 tahun. Tahun ini, usia tepat 27 tahun.
Salah? Harusnya 29 tahun? Oh iya 29 tahun itu usia GKI Kavling Polri. Maksud saya 27 tahun adalah usia saya.
Selama saya hidup, banyak hal telah dilewati atau mungkin juga belum sanggup dilewati. Selama 27 tahun itu juga, saya hampir tidak pernah mengucapkan selamat ulang tahun dan juga tidak ingin diucapkan selamat ulang tahun. Mengapa?

Hidup Kudus dengan Memberlakukan KasihNya

HIDUS KUDUS DENGAN MEMBERLAKUKAN KASIHNYA
Imamat 19:1-2, 9-18; Mazmur 119:33-40; 1 Korintus 3:10-11, 16-23; Matius 5:38-48

Sok suci!"
"Sok kudus!"
Dua seruan tadi seringkali ditujukan kepada umat beragama yang hidupnya begitu saleh. Jika kita bertanya kepada mereka "mengapa kamu berkata seperti itu?" Mungkin mereka akan menjawab, "kita ini manusia, tidak mungkin hidup tanpa cacat dan cela. Jadi jangan sok kuduslah...tiap manusia bisa salah"
Banyak di antara kita yang mungkin punya pikiran seperti itu. Salah kah? Tidak.